Pak Muchroni.

Usianya 50 tahun. Seorang manager Transmission Support System Planning (yang urusannya nge-plan pembangunan tower BTS, BSC, Nodal, MSC, dll) di Group Head Cellular Planning. Beliau baru sebulanan ini join di Group Head tersebut. Sebelumnya, Beliau dibagian propoerti (yang ngurusin properti perusahaan seperti gedung).

Jumat kemaren, secara ramah, Beliau menghampiri kami (aku dan seorang teman). Hm… Rada lupa bagaimana awal pembicaraannya, trus tau-tau ngalor – ngidul ke perjalanan karier Beliau..

Di resume aja ya…

Intinya, Setamat SMA, Beliau sempat bekerja selama 2 tahun (di perusahaan telekomunikasi juga), trus ambil kuliah. Setelah itu Beliau berpindah-pindah bagian. Dari  “Kabel Laut’ di Ancol, jadi trainer untuk karawan baru di ‘Pendidikan Dasar / Dikdas’ selama 18 bulan, di bagian propoerti, dan sekarang di TSSP (kayanya ada lagi.. tapi lupa. maaf ya). Subhanallah… 

50 tahun usianya, berarti, bisa jadi Beliau sudah 30 tahun bekerja di dunia telekomunikasi. Apa dan bagaimana dunia telekomunikasi, Beliau paham perkembangannya.

 ‘Seru ya di sini. Saya belajar baru dan banyak hal. ‘ (Secara staf nya Pak Muchroni adalah orang-orang yang handal di bidang CME —> Civil, Mechanical, Electrical; dan Pak Muchroni tidak segan untuk belajar dari stafnya.)

‘Saya kelamaan di jalan neyh. he..he.. (maksudnya, Beliau merasa sepertinya waktunya lama untuk mencapai posisi Beliau seperti sekarang.)’

2 kalimat itu yang menginspirasi aku. Menginspirasi untuk rendah hati dan tetap belajar banyak hal. Bahwa ilmu itu tak berbatas. Dan… Aku pribadi selalu mendapati wajah sumringah optimis Beliau saat datang ke kantor. Optimis bahwa pekerjaan baru dan sulit seperti apapun bisa diselesaikan, dengan tekad dan keseriusan, dan seoul, dan komitmen.

Trus, kalimat yang terakhir, menginspirasi bahwa.. kesuksesan itu adalah poses, bukan tujuan. Maka perlu perjalanan panjang, dan keuletan. Dan setelah melalui perjalanan itu,  penghargaan terhadap nilai sebuah kesuksesan akan berimbas pada pribadinya. Pribadi yang tetap tawadhu, dan terusss bergerak tuk menggapai progress yang lebih baik.

Alhamdulillah atas RizkiMu memmpertemukan aku dengan Pak Muchroni Ya Robb. Jadikan pelajaran ini sebagai bekal langkah-langkah kecilku dalam meretas citaku.

by : Dianti