copas dari teman di FB

Disini penulis akan memberi trik cara ngamalin 7 sunah harian nabi, sekalian ana urutkan mulai malam hari sampai siang hari

1) Tahajud
Nyalakan jam weker / hp taruh di dalam almari samping tempat tidurmu. Kuncilah almari dari luar, lalu taruh kunci almari tadi di luar kamarmu. Ana jamin antum ‘terpaksa’ harus merengek jalan ke luar kamar pada malam hari, tapi awas jangan tidur kembali! Langsung basuh muka jelek antum dengan air dan berwudhulah.

2) Baca Quran
Bacalah Quran 1 atau 2 lembar habis sholat tahajud / sebelum sholat subuh /
setelah sholat magrib. Jangan lupa baca terjemahnya 1 atau 2 ayat jangan
banyak-banyak, biar gak bosen.

3) Sedekah
Sediakan kotak khusus di kamar kos / rumah antum, isilah kotak tersebut
sebelum berangkat sholat subuh di mesjid minimal 1000 (jangan 500,
diketawain malaikat). Pokoknya hari itu antum harus sedekah, jangan lewatkan hari tanpa sedekah. Setelah 1 bulan tafadhol mau disedekahkan ke mana.
Terus barangkali antum bepergian ke luar kota trus mampir di mesjid untuk
sholat ato cuma kencing:-) , jangan lupa masukkan infak ke kotak amal.
Biar menyebar kebaikan antum.

4) Sholat berjamaah di mesjid (terutama sholat subuh)
Usahakan datanglah 5 ato 10 menit sebelum adzan berkumandang. Duduk manislah menunggu adzan. Berlombalah untuk datang lebih awal, kadang
muadzin mendahuluimu tapi lebih seringlah kau yang mendahuluinya

5) Sholat dhuha
Biasakan sebelum berangkat sekolah / kuliah / ngantor / ke sawah / berangkat kerja untuk sholat dhuha. Halah apa sih beratnya sholat dhuha, la wong cuma 2 rakaat saja gak nyampe 3 menit. Antum aja yang males ngerjainnya.

6) Menjaga wudhu
Usahakan antum dalam keadaan suci di manapun, dalam kondisi apapun.
Ketika kuliah tiba-tiba (maaf: buang angin), minta izinlah ke dosen untuk ke
kamar kecil, berwudhulah. Ketika dalam perjalanan trus mampir ke mesjid
untuk kencing, jangan lupa berwudhulah sebelum melanjutkan perjalanan. Ketika tiduran di malam hari kok merasa ada sesuatu yang keluar dari lubang belakang, cepatlah ke kamar mandi, bersucilah.
Agak berat memang menjaga wudhu, tapi asal antum mau pasti bisa kok.

7) Istighfar setiap saat / nafas / detik

Ini pep, la ini pep (tukul 4 mata) yang paling sulit. Sangat sulit kalau gak ada niat yang kuat. Ya paling tidak cukup nyebut kata ‘Alloh’ (sebagaimana sahabat bilal menyebut kata ‘Alloh’ ketika disiksa majikannya) dalam hati antum. Yah paling tidak ketika kita menghadapi sakaratul maut, ketika mulut tidak bisa bicara, lidah tidak bisa bergerak, namun hati ini tetap bisa berdzikir. Bukan perkara yang mudah mengucapkan 2 kalimat sahadat ketika sakaratul maut, harus ada iman dan kebiasaan amal sholeh semasa hidupnya.

Silahkan diamalin 7 sunah nabi di atas sesuai kemampuan antum. Bisa 1
silahkan, bisanya cuma sedekah tok monggo, bisa 2 lebih baik, bisa 3 lebih baik lagi syukur-syukur semuanya di ’sikat’. (Ibaratnya seperti:red) Mari kita nonton film ‘ tali sumpah pocong perawan’ versi akhirat di bioskop surga. Yang cuma bisa ngamalin 1 sunah tempat duduknya paling belakang. Yang gak ngamalin terpaksa gak boleh masuk bioskop.

Tapi ingat bang, kita semua gak bisa masuk surga kecuali karena kasih sayang
Alloh. Jadi jangan sekali-kali nganggep kita masuk surga karena amal kita. Cuma kasih sayang Alloh gak bisa didapetin dengan pacaran / sms an akhwat non muhrim🙂, nyontek, ngrasani, mbentak-mbentak orang tua, nonton acara gosip. 7 sunah nabi hanyalah sarana ngedapetin kasih sayang Alloh.

Demi kebaikan, silahkan di forward coret-coretan ana ini ke teman / saudara /‘calon’ / siapa saja sumonggo. Maafin penulis. I miss u coz Alloh.

“Apabila akhirat ada dalam hati, maka akan datanglah dunia menemaninya. Tapi apabila dunia ada di hati maka akhirat tidaklah akan menemaninya. Itu karena akhirat mulia dan dermawan, sedangkan dunia adalah hina”

(Abu Sulaiman Ad Daroni)