Yup, menulis adalah salah satu pekerjaan yang bisa menembus ruang dan waktu. Mau namamu dikenang sampai 10 tahun lagi? 20 tahun lagi? Maka menulislah, sejarah akan mencatat namamu dan dunia ini akan merekam jejakmu.

Belasan tahun silam, saat saya baru menapaki dunia per-blogger-an, tersiar kabar seorang blogger terkenal asal Indonesia, meninggal dunia karena serangan asma di Singapura, meninggalkan dua orang anak yang masih kecil. Sampai bertahun-tahun kemudian, masih banyak orang yang berkunjung ke blog nya, mencari resep-resep kue atau puisi-puisi tulisannya, dan semuanya menuliskan untaian do’a untuk almarhumah di kolom komen dan chat blog tersebut sebagai ucapan terimakasih.

Menulis juga acapkali digunakan untuk menyelesaikan masalah yang tidak bisa diselesaikan dengan percakapan lisan. Karena dengan menulis, kita bisa melihat dari sudut pandang yang lain, dan memiliki jeda waktu untuk memilih kosakata yang tepat.

Dan yang pasti, kemampuan menulis adalah kemampuan dasar yang dibutuhkan dalam bidang apapun yang kita jalani. Apalagi di jaman sekarang, dimana gadget dan perangkat teknologi lainnya semakin terjangkau, dan sosial media seperti FB, IG, dan lainnya bertebaran dimana-mana, kita bisa dengan mudah menemukan sarana untuk menulis dan penyalurannya.

Bagi seorang ibu rumah tangga yang sedang menapaki dunia bisnis (Oriflame) seperti saya, tentu kemampuan menulis ini menjadi salah satu modal utama. Karena bisnis Oriflame yang saya ikuti ini, sebagian besar memanfaatkan sarana social media untuk pengembangannya. Ada saat-saat saya mentok mau menulis apa, atau saya kurang PD dengan tulisan saya sendiri. Nah, untuk itu saya butuh meng-upgrade ilmu dan mencari bimbingan mentor. Bertepatan dengan itu, mbak Ummi Aleeya menginfokan training menulis di Joeragan Artikel pada salah status FB-nya, langsung deh saya tanya-tanya , lalu bismillah…. saya investasi ikut trainingnya.

Pas mulai training, duh saya malah menyesal…..
kenapaaaa gak dari dulu saya ikutaaaan, hehehe.
Materinya ‘dagiiiiing’ semuaa!!
Gak cuma diajari cara menulis yang baik dan benar, tapi bagaimana caranya tulisan kita itu bisa menarik pembaca, bahkan sampai cara agar tulisan tersebut bisa menghasilkan!
Iyaaa, sampai bisa mendulang U A N G. *nah, pasti pada melek deh!
Soalnya, di Joeragan Artikel ini, ada job magangnya, dan setelah rampung mengerjakan tugas-tugasnya, kita akan digabungkan dengan komunitas penulis emakpintar.asia, intinya disalurkan deh.
Jadi gak heran, banyak lulusan Joeragan Artikel, yang langsung dapat job menulis, artikelnya tembus media online nasional atau malah membuka bisnis penulisan sendiri. Keren kaan!

Nah, kalau teman-teman punya motivasi menulis yang sama seperti yang saya sebutkan di awal tadi, saranku gabung Joeragan Artikel deh. Segera kontak mbak Ummi Aleeya yaa.
Yuk, belajar menulis!

Semua penulis akan meninggal, hanya karyanyalah yang akan abadi sepanjang masa. Maka tulislah yang akan membahagiakan dirimu di akhirat nanti.
~Ali bin Abi Thalib~